PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada PT. Multi Pratama Azalea, Kragilan, Banten)

  • Ipan Hilmawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada PT. Multi Pratama Azalea, Kragilan, Serang Banten. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel, yaitu Disiplin Kerja (X1), Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2), Kinerja Karyawan (Y), dan Kepuasan Kerja (Z). Penelitian ini melibatkan seluruh karyawan pada PT. Multi Pratama Azalea sebagai sampel yaitu sebanyak 60 karyawan. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, analisis data, uji instrument, uji asumsi klasik, uji t, analisis jalur variabel intervening dan uji sobel dengan perhitungan melalui SPSS v20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (2) Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (3) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. (4) Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. (5) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (6) Kepuasan kerja sebagai variabel intervening dapat memediasi pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. (7) Kepuasan kerja sebagai variabel intervening dapat memediasi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan.

Published
2021-02-25
How to Cite
Ipan Hilmawan. (2021). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada PT. Multi Pratama Azalea, Kragilan, Banten). Rekaman : Riset Ekonomi Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 5(1), 1 - 8. Retrieved from http://ojs.jurnalrekaman.com/index.php/rekaman/article/view/99
Section
Articles